Pemasaran omnichannel adalah istilah yang mengacu pada penggunaan saluran digital untuk melibatkan pelanggan di seluruh titik kontak.
Dalam studi kasus ini, kami akan mengeksplorasi bagaimana customer experience dapat ditingkatkan dengan menggunakan saluran digital bertenaga AI.
Omnichannel Marketing adalah trend terbaru bagi bisnis. Ini adalah strategi yang membantu menciptakan pengalaman pelanggan dengan memberikan pengalaman terbaik di dalam toko fisik dan online.
Tantangan dalam menciptakan pengalaman pelanggan di berbagai saluran telah diselesaikan dengan menggunakan pemasaran omnichannel.
Dimulai dengan memahami apa yang diinginkan pelanggan dari Anda, kemudian memberikan mereka pengalaman terbaik di setiap langkah perjalanan mereka.
Apakah Omnichannel Efektif Untuk Bisnis Kecil?
Pendekatan omnichannel tidak cuma efektif untuk perusahaan mapan saja tetapi juga sangat efektif untuk digunakan sebagai metode untuk perusahaan yang baru memulai kampanye pemasaran digital mereka dan ingin memperkenalkan brand mereka ke pasar terbuka.
Tantangan pertama dalam omnichannel adalah memahami karakteristik pelanggan dan apa yang menjadi masalah terbesar mereka.
Jika sebuah bisnis gagal memahami hal ini maka, kemungkinan terbesar mereka akan gagal pula dalam menerapkan strategi omnichannel ini.
Perbedaan Omnichannel vs Multichannel
Sekarang ini Omnichannel adalah istilah yang sering digunakan dalam industri pemasaran dalam hal strategi pemasaran produk.
Perlahan-lahan strategi marketing ini mulai meninggalkan pendekatan multichannel.
Pergeseran ini di sebabkan karena omnichannel terbukti memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.
Pada prinsip dasarnya omnichannel dan multichannel menggunakan lebih dari satu saluran, tetapi pada pendekatan omnichannel memiliki kesamaan informasi di setiap channel saluran marketingnya, misalkan sebuah perusahaan menggunaka 3 channel marketing yaitu : website, facebook dan Instagram.
Maka di 3 channel yang berbeda ini akan mempunyai kesamaan topik konten yang diangkat dan terintegrasi satu sama lain untuk menuju kesebuah halam pembelian yang sama.
Berbeda dengan multichannel yang tiap channel bisa menggunakan konten yang berbeda dan titik pembelian yang berbeda pula.
Apa Platform Terbaik Untuk Strategi Omnichannel?
Apakah platform terbaik untuk strategi omnichannel? Jawaban dari pertanyaan ini adalah Kembali kepada kebutuhan perusahaan itu sendiri.
Platform terbaik untuk strategi omnichannel adalah platform yang dapat mendukung tujuan Anda, menyampaikan konten yang Anda butuhkan, dan membantu Anda menjangkau audiens dengan cara seefektif mungkin.
Omnibotika, Platform Omnichannel Untuk Segala Kebutuhan
Omnibotika merupakan produk omnichannel platform dari Botika. Botika sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan. Salah satu produk yang sangat popular dari Botika adalah chatbotika.
Omnibotika adalah sebuah omnichannel software yang membantu perusahaan untuk mengelola seluruh channel digital mereka.
Dalam istilah yang paling sederhana, Omnibotika membantu perusahaan mengelola konten dari saluran yang berbeda dan membuat satu titik masuk untuk pelanggan atau klien mereka.
Perusahaan dapat berintegrasi ke dalam platform menggunakan semua property yang dimiliki seperti integrasi situs web, integrasi media sosial, integrasi email, integrasi aplikasi seluler, dll., untuk menyatukan konten yang terfragmentasi dan mudah di ukur performanya.
Omnibotika sudah diakui dunia internasional dengan memenangkan medali perunggu di ASEAN ICT Awards 2021.
Untuk lebih jelas anda bisa mengunjungi halaman ini : https://blog.botika.online/omnichannel/