Tuesday, December 11, 2018

Pemerintah Waspadai Penipuan Cyber, Ini Dia Tips Aman Belanja Online


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa promo akhir tahun banyak sekali, salah satunya adalah setiap tanggal 12 Desember itu merupakan jatuhnya Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional, dimana ada banyak sekali program-program promo yang ditawarkan oleh berbagai situs toko online. Terdapat penawaran promo mulai dari 5 %, 15 % 20 %, 50 %, dan bahkan ada yang 99 %. Tak hanya sampai disitu saja, pada program Harbolnas 2018 ini juga ada pemberian fre ongkir selama 12 kali pengiriman lho. Tentu saja pada Harbolnas ini tidak akan disia-siakan oleh semua konsumennya, untuk berbelanja berbagai kebutuhan secara online.

Melihat meningkatnya gairah belanja masyarakat pada program Harbolnas 2018, hal itu pun dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk mendapatkan keuntungan banyak dengan cara menipu para konsumennya. Oleh karena itu, pemerintah mengingatkan masyarakat untuk pintar dalam membeli barang secara online untuk mewaspadai hal tersebut.

Lantas, apa antisipasi seperti apakah yang harus kita lakukan? Tenang, kalian tidak perlu panik, berikut di bawah ini ada beberapa tips aman dalam berbelanja online harbolnas :

1. Jangan Terburu-buru Dalam Memilih Toko Online
Tips aman pertama yang harus kalian lakukan dalam belanja online harbolnas, yakni jangan terburu-buru. Ya, dalam hal ini, cobalah kalian cek dulu tentang track record dari situs toko online yang bersangkutan. Biasanya, situs toko online yang abal-abal itu tidak pernah update. Selain itu, kalian juga bisa melihat komen-komen yang ada pada bagian bawahnya. Jika banyak komen-komen yang negative, maka situs toko online tersebut memang penipu. Tentu saja kalian harus mencari lagi situs toko online yang lainnya.

2. Pilihlah System COD (Cash On Delivery)
Ini dia salah satu tips paling ampuh agar terhindar dari penipuan saat belanja online harbolnas. Dengan system cod, tentu saja kalian akan langsung berhadapan dengan si penjualnya sehingga kalian dapat mengecek dulu barang pesanan sebelum membelinya. Selain itu, kalian juga bisa langsung mengembalikan barangnya jika tidak sesuai dengan harapan.

3. Lakukan Perbandingan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pada harbolnas 2018 ini akan banyak situs-situs toko online yang mewarkan harga promo. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kalian untuk mencari situs-situs toko online yang menawarkan promo paling menarik. Dengan begitu, tentu saja kegiatan belanja kalian akan jauh lebih hemat lagi.

4. Carilah Situs Toko Online Yang Paling Populer di Indonesia
Tips aman berikutnya yang harus kalian lakukan dalam belanja online harbolnas, yakni mencari situs toko online yang populer. Ya, salah satu situs toko online yang paling populer di Indonesia, yaitu yang bernama iLotte. Hal itu pun terbukti, dimana situs yang satu ini selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen untuk berbelanja berbagai kebutuhan secara online. Selain lengkapnya produk-produk yang tersedia, iLotte juga memberikan program promo yang sangat menarik lho. Di situs ini kalian bisa mendapatkan harga promo mulai dari 5 % hingga 95 %. Terdapat pula beberapa opsi yang akan memudahkan kalian dalam proses pembayaran seperti transfer, kartu kredit, debit, dan lain sebagainya. Tak hanya sampai disitu saja, di situs iLotte ini menawarkan beragam opsi pengiriman barang pesanan melalui JNE, JNT, Tiki, GO-SEND, dan lain sebagainya. Dan yang pasti, belanja online di iLotte sangat aman, nyaman, serta banyak harga promonya.

Itulah beberapa tips aman yang harus kalian lakukan dalam belanja online harbolnas 2018, dan selamat mencobanya.
close