Friday, December 28, 2018

Fadli Zon Sebut Penentang Amien Rais Parasit Demokrasi

Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri
Jurnalpolitik.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon turut berkomentar terkait adanya desakan mundur terhadap Amien Rais dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) oleh Goenawan Mohamad Cs. Fadli menilai para pendiri PAN yang meminta Amien Rais mundur adalah parasit bagi demokrasi.

"Jadi mereka ini ya parasit bagi demokrasi gitu. Kalau mau kan terjun dong, bertarung dong di gelanggang, di dalam partai politiknya itu ya, kalau memang merasa bagian dari partai politik itu," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 28 Desember 2018.

Baca JugaAmien Rais Didesak Mundur dari PAN, Ini Jawaban Hanafi Rais

Meurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR ini, deretan orang yang meminta Amien Rais mundur ini adalah orang-orang yang enggan bersusah payah dalam dunia politik. Sehingga langsung ingin berpihak pada penguasa.

"Dan mereka itu saya kira bagian dari satu pendukung petahana untuk memecah belah partai yang mendukung Pak Prabowo. Jadi tidak lain dan tidak lebih daripada itu," tutur Fadli.

Fadli menilai, tidak etis jika Goenawan Mohamad dan rekan-rekannya mendesak Amien mundur. Sebab, kata dia, Goenawan tidak lagi aktif di internal PAN.

"Saya kira orang yang sudah mundur, trus kemudian itu tidak etis ya. Saya kira apa yang dilakukan Pak Amien rais, Pak Amien Rais orang yang konsisten di dalam perjuangannya termasuk dalam partainya di PAN itu orang yang konsisten dan selalu berada di jalur keputusan-keputusan partainya," ucap Fadli.

Baca JugaIsi Lengkap Surat Terbuka Pendiri PAN untuk Amien Rais

Diketahui, lima pendiri PAN yang disebut Goenawan Mohamad cs meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mundur dari politik. Kelima orang yang dia maksud ialah sastrawan Goenawan Mohamad, mantan Penasihat Wakil Presiden Abdillah Toha, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Albert Hasibuan, tokoh budaya Toety Heraty, dan eks aktivis Zumrotin.
Menurut mereka, Amien Rais telah menyimpang dari prinsip PAN.

"Kami mendapatkan kesan kuat bahwa Amien Rais sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip PAN," kata Goenawan cs lewat pernyataan tertulis, Rabu, 26 Desember 2018.

close