Friday, December 28, 2018

Dikabarkan Sakit Maag Kronis, Polisi: Habib Bahar Sehat-sehat Saja



Jurnalpolitik.id - Polisi memastikan kondisi kesehatan Habib Bahar bin Smith selama di tahanan baik-baik saja. Sebelumnya, penceramah kondang itu dikabarkan mengidap sakit maag kronis.

"Kita ada standar prosedur, setiap hari selasa kita rutin cek dokter. Hasil pemeriksaan dokter, (Habib Bahar) sehat-sehat saja," ucap Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (28/12/2018).

Kondisi Bahar sakit sempat diungkapkan oleh pengacaranya. Pengacara Bahar menyebut kliennya punya sakit maag akut.

Baca JugaPengacara: Maag Habib Bahar Kambuh karena Tak Bisa Aktif Kegiatan

Sakit maag inilah yang dijadikan alasan untuk mengajukan penangguhan penahanan. Soal penangguhan sendiri, Agung menyatakan pihaknya secara pribadi belum menerima surat pengajuan penahanan bagi pimpinan pondok pesantren Tajul Alawiyyin itu.

"Enggak ada, belum sampai ke saya (surat penangguhan penahanan), kalau sampai, saya bilang," tuturnya.

Sebelumnya pengacara Bahar mengatakan penyakit maag akut Bahar kambuh. Hal itu dikarenakan Bahar ditahan dan tak bisa aktif bergerak. 

"Jadi habib biasa aktif. Biasa banyak kegiatan terus tentunya kalau banyak aktif dan kegiatan, tidak ada pikiran apapun. Biasanya dia sehat tapi dalam kondisi sekarang, yang biasanya aktif, biasa sibuk terus tiba-tiba pasif di dalam tahanan walaupun dia di dalam tahanan banyak membaca kitab, itu kan secara psikologis akan berubah kan. Mungkin menyebabkan maagnya kambuh sekarang," kata Sugito saat dihubungi, Kamis (27/12/2018).

Habib Bahar merupakan tersangka dugaan kasus penganiayaan dua remaja di Bogor berinisial CAJ (18) dan MKU (17). Ia diduga menjadi dalang penganiayaan terhadap kedua remaja itu.

Baca JugaIdap Maag Kronis, Habib Bahar Ajukan Penangguhan Penahanan

Atas kasus tersebut, Habib Bahar kini ditahan di rutan Polda Jawa Barat. Agung mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemberkasan terhadap kasus tersebut, bahkan rencana Polda Jabar bakal memanggil tersangka lainnya sebelum nantinya dilimpahkan ke kejaksaan.

"Tersangka BS kita lagi lengkapi berkas perkaranya. Kemudian kita juga lagi manggil dua tersangka lainnya untuk dilakukan penyidikan," katanya.

Habib Bahar bin Smith dijerat dengan empat pasal sekaligus, yakni Pasal 170 ayat (2) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), Pasal 351 ayat (2) KUHP, Pasal 333 ayat (2) KUHP ditambah Pasal 80 Undang-undang nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

close