Saturday, December 9, 2017

Soal Janji Kampanye, Anies Minta Semua Bersabar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar pertemuan dengan warga Jakarta Timur di GOR Ciracas, Jumat (8/12/2017). Banyak aduan yang ia terima dari warga. Salah satunya terkait janji-janji yang pernah Anies lontarkan saat kampanye Pemilihan Gubernur Jakarta lalu.

Anies pun memastikan semua janji kampanyenya akan dipenuhi, hanya saja itu butuh waktu. Dan dia meminta warga untuk bersabar.

"Kami mohon Bapak, Ibu tunggu. Jangan semua minta ditunaikan satu bulan. Kalau semua diselesaikan sebulan, periodenya gubernur sebulan saja," kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (8/12/2017).

"Mengapa (periodenya) dikasih lima tahun? Supaya bisa dilaksanakan semuanya satu per satu," imbuhnya.

Anies mengaku sejumlah program seperti DP 0, KJP Plus, dan OK OTRIP saat ini sedang dipersiapkan. Dia berjanji akan menjelaskan program-program ini nanti kepada masyarakat jika sudah siap. Khususnya kepada RT, RW, dan lembaga musyawarah kelurahan (LMK) agar mereka bisa menjelaskan lagi kepada warga sekitar.

"Sehingga kalau ada warga bertanya, Bapak, Ibu bisa menjawab. Kami siapkan panduannya," kata Anies.

[caption id="attachment_12777" align="aligncenter" width="750"] Warga Jakarta Timur berkumpul di GOR Ciracas untuk mengikuti pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (8/12/2017). (Foto: Kompas/Jessi Carina)[/caption]

Anies berjanji mencatat semua aduan dan usulan dari warga hari ini. Dia berharap bisa melakukan pertemuan rutin agar dialog lebih efektif.

Dalam kunjungan kerja bersama perwakilan warga dari kecamatan se-Jakarta Timur ini, Anies banyak mendapat pertanyaan. Salah seorang warga menanyakan janji masa kampanye Anies.

"Pak Gubernur, ketika Bapak kampanye ada 23 janji. Salah satunya adalah akan memberdayakan pengembang kelas menengah untuk merealisasikan kampung susun, kampung deret, dan rusun serta mempermudah akses kepemilikan bagi warga tak mampu. Pertanyaan saya, kapan akan dibangun, Pak?" ujar Suwardi, anggota LMK Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

Selain itu Suwardi juga mempertanyakan bagaimana cara warga bisa memperoleh unit-unit di rusun itu jika sudah dibangun. Menurut dia, hal ini merupakan salah satu cara membuat warga bahagia.

"Bagaimana caranya masyarakat dapat memperoleh jika sudah terbangun? Supaya masyarakat bahagia karena mimpi kami ada di tangan Pak Gubernur," kata Suwardi.

Dalam kunjungan ini, Anies tidak ditemani Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Anies didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Bambang Sugiono, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Kepala Satpol PP Yani Wahyu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Aji, dan Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah.
close